Cara Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10



Cara Membuat Screenshot di Komputer Windows. Screenshot pada komputer atau laptop adalah sebuah proses mengambil gambar dari layar atau desktop komputer.

Di zaman yang mengandalkan internet, membuat screenshot bisa menjadi cara mudah untuk melakukan transaksi seperti sebagai bukti pembayaran atau pun mengirimkan gambar-gambar tertentu lewat email, atau media sosial.

Cara Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10

Baik di komputer atau laptop, cara screenshot di komputer windows xp, windows 7 dan di Windows 8 adalah sama dan akan selalu sama. Namun untuk pengguna pemula yang baru belajar kemampuan dasar komputer, cara screenshot ini mungkin akan menyita waktu.

Oleh sebab itu, melalui artikel ini, Gelas Komputer akan memberikan cara screenshot di komputer untuk windows 7, 8 dan 10. Cara screenshot ini bisa digunakan pada laptop.

Cara Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10


Cara Membuat Screenshot Menggunakan Shortcut dari Keyboard


Mengambil screenshot melalui keyboard merupakan cara yang paling mudah dan yang paling banyak digunakan. Berikut langkah-langkahnya.

1.Pastikan layar komputer anda menampilkan tampilan yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa menekan tombol "Alt" dan "Print Screen System" (Prt Sc Sys Rq / letaknya di sebelah tombol F12) pada keyboard secara bersamaan atau hanya menekan tombol Prt Sc Sys Rq saja. Kedua cara ini menghasilkan hasil yang berbeda.

Cara Simpel Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10

Jika Anda hanya menekan tombol "Prt Sc Sys Rq" saja, maka program akan menangkap seluruh gambar yang tampil pada layar desktop atau monitor Anda.

Jika Anda menekan tombol "Alt" + "Prt Sc Sys Rq", cara ini hanya akan mengambil screenshot dari program Windows yang sedang aktif atau yang sedang berada di paling atas (top).

Untuk mencobanya, Anda bisa membuka dahulu beberapa program, misalnya program Notepad, Microsoft Words dan Kalkulator.

Cara Simpel Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10


Dapat terlihat bahwa program kalkulator berada di urutan paling atas di antara ketiga program tersebut. Jika menggunakan cara "Alt" + "Prt Sc Sys Rq", nantinya hasil screenshot hanya akan mengambil gambar program kalkulator saja. Jika hanya menekan tombol "Printscreen" saja, seluruh tampilan layar komputer Anda akan terambil.

2.Setelah itu buka program "Paint" melalui Start >> All Programs >> Accessories (Windows XP) atau ketikan paint pada menu Start jika Anda menggunakan Windows 7 ke atas. Setelah itu paste hasil screenshot tadi dengan cara menekan tombol Ctrl dan V pada saat bersamaan atau klik "Edit" lalu "Paste".

3..Setelah itu Anda bisa menyimpan gambar tersebut.

Cara Membuat Screenshot Mengunakan Snipping Tool


Selain cara tadi, Windows 7 juga menyediakan program lain dengan fungsi serupa namun dengan beberapa fitur dalam melakukan screenshot. Program tersebut bernama, Snipping Tool, yang dapat terdapat pada Windows 7 ke atas. Namun begitu, program ini tidak tersedia untuk Windows 7 Home Basic.

1. Buka Snipping Tool melalui menu Start dan ketikkan "Snipping Tool".

Cara Mengunakan Snipping Tool Untuk Membuat Screenshot.

2. Pilih tipe Snip yang Anda inginkan. Anda dapat memilih Free-form, Rectangular, Windows dan Full-screen (Anda bisa bereksperimen dengan mencobanya satu per satu) dengan memilih tanda panah kecil di sebelah "New."

Cara Simpel Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10

3. Setelah itu, pilih area yang ingin Anda capture. Tekan dan tahan sambil gerakkan mouse atau jari Anda pada trackpad untuk memperoleh hasil yang Anda inginkan. Setelah itu editor screenshot akan otomatis muncul dan Anda bisa melakukan edit atau langsung menyimpannya.

Sebenarnya terdapat program screenshot lain yang dapat Anda download. Tapi jika Anda sudah terbiasa dengan cara screenshot di komputer Windows seperti cara di atas, rasanya tidak perlu mengunduh program apa pun bukan?

Semoga cara screenshot komputer di atas bisa bermanfaat.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Cara Membuat Screenshot di Komputer Windows 7, 8, dan 10"

Posting Komentar

close