s Pengertian, Fungsi dan Komponen CPU Komputer

Pengertian, Fungsi dan Komponen CPU Komputer

Pengertian, Fungsi dan Komponen CPU Komputer - Pengertian CPU ( Central Processing Unit ) komputer adalah sebuah unit proses yang paling utama dalam sebuah perangkat komputer yang bertugas untuk mengendalikan seluruh kegiatan pengolahan data dimulai dari membaca data dari peralatan, mengolah data sampai pada mengeluarkan informasi data yang telah dibaca dan diolah tadi (Output). Oleh karenanya CPU menjadi bagian penting dalam proses kerja komputer.

Fungsi CPU Komputer

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yg diambil dari memori atau dari informasi yg dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti keyboard, scaner, maupun mouse.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak (software) komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti dardisk, disket, dan CD. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yg mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yg disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yg dikehendaki.

Bagian - Bagian Penting CPU Komputer

Ada 2 bagian utama yang mengontrol kerja dari CPU komputer yaitu :
  • Bagian pertama adalah  dikenal dengan nama Arithmetic Logical Unit atau dalam bahasa komputer disebut ALU. Tugasnya adalah melakukan proses yang menjalankan segala rutinitas yang berhubungan dengan matematika dan perbandingan secara logika.
  • Bagian kedua  biasa disebut dengan CU (Control Unit) yang bertugas untuk mengontrol semua peralatan lainnya di dalam komputer.

Komponen CPU Komputer


  1. Motherboard :

    Tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiapmotherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti tipe slot processornya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
  2. Prosesor :

    Otak sebuah komputer dengan tugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer.
  3. RAM :

    Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banyaknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.
  4. Video card VGA :

    Mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran.
  5. Sound card :

    Fungsi kartu suara sebagai prosesor audio untuk komputer Anda. Analog atau sinyal digital yg masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.
  6. Hardisk

    Sebagai penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.
  7. Optical disk :

    Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD, memang secara fungsi sekarang kurang diminati karena banyaknya media penyimpanan yang bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD.
  8. Power suplay :

    Mengbah jenis daya listrik dari stopkontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan, +5 dan +12 volt DC saat ini. Biasanya komponen elektronik digital dan sirkuit di komputer, seperti motherboard, kartu adaptor, dan papan disk drive logika, gunakan +5 volt power, dan kipas dan motor disk drive menggunakan daya +12 volt. Untuk komputer untuk berjalan dengan baik, pasokan dari kedua jenis arus harus diberikan setiap saat.
  9. Casing :

    Berfungsi s tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainyaMelindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
Itulah penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Komponen CPU Komputer, semoga isi dari artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda.

COBA KLIK DISINI KALAU BERANI

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Komponen CPU Komputer"

Poskan Komentar