Cara Belajar Komputer Dasar Dengan Cepat Untuk Pemula



Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula

Cara Belajar Komputer Dasar Dengan Cepat Untuk Pemula. Sekarang ini komputer sudah menjadi kebutuhan umum setiap manusia. Komputer telah meningkatkan produktivitas di berbagai bidang termasuk komunikasi global secara drastis dan menciptakan akses informasi setiap detiknya.

Dengan berkembangnya era digital, kemampuan untuk mengoperasikan komputer menjadi salah satu kemampuan dasar untuk setiap aspek sehingga belajar komputer secara dasar dengan cepat sangat diperlukan.

Mempelajari keterampilan dasar komputer dapat menjadi hal yang sulit jika tanpa panduan yang tepat. Karena itu, pada artikel ini, Gelas Komputer akan memberikan sedikit cara untuk mempelajari dasar atau hal yang harus diperhatikan oleh pemula yang ingin tahu tentang komputer.

Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula


Hardware komputer


Fokus utama: menggunakan mouse / touchpad dan keyboard

Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula


Mouse bisa menjadi sesuatu yang sangat kaku dan touchpad (yang memiliki fungsi sama dengan mouse) dapat menjadi sesuatu yang sangat sulit dikuasai.

Jika Anda sudah pernah menggunakan mesin ketik, keyboard komputer tidak akan menjadi sesuatu yang asing, walaupun keyboard komputer sangatlah berbeda dengan mesin ketik.

Langkah pertama untuk membiasakan diri dengan hardware dasar komputer. Mulailah dengan bebas memegang mouse dan menggerakkannya.

Tidak masalah jika Anda belum punya refleks yang baik unuk mengendalikan kursor dengan mouse karena Anda akan menjadi lebih lancar sembari terus mencobanya.

Untuk saat ini, fokuslah pada membiasakan diri dengan mouse sehingga Anda merasa nyaman, dan jika Anda menggunakan laptop, Anda juga harus membiasakan diri dengan touchpad

Latihan yang sama juga diterapkan ketika Anda belajar menggunakan keyboard. Berlatihlah dengan mengetik nama Anda dengan keyboard, satu kata pada satu waktu.

Anda bisa saja melakukan kesalahan, tetapi perlu diingat komputer berbeda dengan mesin ketik. Anda bisa menghapus tulisan apa saja dengan menekan tombol "backspace"

Untuk menggunakan komputer, Anda harus dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Menggerakan kursor di layar dengan mouse atau touchpad.
  • Klik kanan, klik kiri, dan double klik dengan mouse.
  • Menggunakan fungsi-fungsi dasar keyboard seperti backspace, enter, spasi, delete, tab, shift, dan caps lock.
  • Keterampilan dasar mengetik.

Belajar bagaimana menggunakan sistem operasi


Fokus utama: Windows 

Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula

Sebagian besar dari Anda mungkin memiliki Windows, operating system yang diproduksi Microsoft, pada komputer Anda. Untuk menggunakan operating system dengan efektif, Anda harus dapat:
  • Menemukan, mengoperasikan dan menutup suatu program.
  • Bagaimana file, folder, dan direktori berfungsi.
  • Menyimpan file
  • Menggunakan Windows Explorer untuk menemukan dan membuka sabuah file.
  • Men-shut down dan restart komputer.

Menggunakan Word Processors


Fokus utama; Microsoft Word, WordPad

Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula


Sekarang Anda telah tahu bagaimana menggunakan operating system, hal lain yang harus Anda pelajari adalah word processor. Sebuah word processor pada dasarnya sebuah software aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tekstual dokumen. Aplikasi ini seperti sebuah mesin ketik. 

Perangkat Windows seperti WordPad dan NotePad merupakan teks editor yang simpel, tetapi sangat efektif.

Jika Anda ingin lebih dari sekedar mengetik teks, Anda memerlukan program yang lebih kompleks seperti Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office software tools. Aplikasi ini dapat bekerja dengan huruf-huruf simpel sampai dengan yang kompleks.

Mengetahui cara kerja word prosesor sangat penting sebelum menguasai keterampilan dasar komputer lainnya. Anda harus terbiasa dengan hal-hal berikut sebelum melangkah ke tahap selanjutnya:
  • Membuka Microsoft Word.
  • Membuat dokumen baru di Word.
  • Menggunakan fungsi format dasar (catak tebal, cetak miring, garis bawah, ukuran huruf, dan jenis hururf).
  • Menyimpan dan mencetak dokumen yang telah selesai.

Online


Fokus utama: web browser dan website

Cara Belajar Komputer Dasar dengan Cepat Untuk Pemula

Sebuah komputer tanpa internet seperti sebuah mobil tanpa bahan bakar. Internet merupakan salah satu penemuan paling besar bagi umat manusia.

Anda bisa menggunakannya untuk selalu berkomunikasi dengan teman dan kerabat, mengikuti beragam sumber referensi, berbelanja, dan mencari data mengenai apapun. Membiasakan diri dengan internet adalah langkah awal untuk menguasai seluruh fungsi komputer.

Untuk menggunakan internet, Anda memerlukan sebuah web browser. Web browser merupakan aplikasi yang dapat membuka website dan menghubungkan Anda dengan internet. Baik Windows dan sistem operasi lainnya dirancang dengan web browser di dalamnya.

Menggunakan internet memerlukan pengetahuan dasar dengan hal-hal sebagai berikut:
  • Menemukan dan membuka web browser.
  • Membuka website.
  • Mamahami link.
  • Membuat dan menggunakan akun email.
  • Mencari dengan Google.
  • Membuka video

Mempelajari bagaimana menggunakan komputer tidaklah mudah, tetapi ini merupakan kemampuan dasar yang harus dipahami oleh para pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Cara Belajar Komputer Dasar Dengan Cepat Untuk Pemula"

Posting Komentar

close