Terima Kasih Atas Kunjungannya

Untuk pindah ke halaman berikutnya klik Close

 

Cara Backup Data dan Restore Windows 7


Cara backup data dan restore windows 7 – Disaat windows mengalami masalah serius atau tidak dapat digunakan lagi maka install ulang adalah hal yang harus dilakukan. Seperti yg kita tahu proses ini bisa jadi merepotkan, membosankan bahkan menyebalkan karena harus install aplikasilainya satu persatu yg jumlahnya tidak sedikit dan harus setting sana sini. Sebelum install ulang kamu juga mesti melakukan backup data  yg ada di drive: C agar data penting nya tak hilang, instalasi dan memasang satu persatu aplikasi yg jumlahnya tidak sedikit.

Membuat backup data / sistem adalah hal yang harus dilakukan agar anda tidak menghadapi permasalahan ini terus menerus. Jika suatu saat windows 7 anda mengalami masalah atau tidak dapat digunakan, kamu anda tinggal mengembalikan backup sistem tersebut tanpa perlu melakukan proses install ulang lagi. Kamu bisa melakukan backup dan restore bermodalkan fasilitas yang ada pada Windows 7. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk memulai proses backup pastikan anda melakukannya setelah proses install ulang selesai dan juga telah terpasang driver beserta aplikasi standar. Hal ini dimaksudnya agar kondisi Windows masih sehat dan kamu tidak perlu lagi melakukan prosedur pemasangan driver berulang kali. Berikut cara nya:

Cara Backup Data / Sistem Windows 7


  1. Klik Start>Computer, pilih drive C: dan klik kanan. Pilih Properties>Tools, klik Backup now.
    Cara backup data dan restore windows 7 a
  2. Pilih Create a system image, nantinya Windows akan mencari lokasi dimana backup image ini akan ditempatkan. Kamu mempunyai pilihan ditempatkan pada folder baru (harus di drive yg berbeda dengan C: misal di Drive D), atau pilih agar ditempatkan (diburn) ke keping DVD.
     Cara backup data dan restore windows 7 b

  3. Setelah memilih lokasi tersebut, klik Next. Aplikasi akan mengkonfirmasi sistem yg akan di-backup sebelum berlanjut ke langkah berikutnya (beri tanda centang jika ingin melakukan backup, dan hilangkan centang jika tidak). Klik Next, dan proses akan berjalan. Lamanya waktu backup tergantung dari kapasitas sistem Windows yg ada.
    Cara backup data dan restore windows 7 c

Cara Membuat CD/DVD Recovery

Jika proses backup data sudah selesai, sekarang yg harus dilakukan adalah membuat cd/ dvd recoverynya untuk membantu proses restore windows 7 nantinya. Kenapa harus dibuat cd/dvd ? karena hasil backup data tersebut berupa file yg hanya bisa dijalankan saat hendak melakukan recovery sistem operasi. Untuk menjalankan proses recovery tersebut kamu mesti membuat CD/DVD recovery .Untuk itu kembali ke proses Backup and Restore, pilih Create a system repair disc, masukkan keping CD/DVD kosong ke optical drive. Klik Next, dan proses burn dimulai. Saat proses selesai, Windows akan menampilkan jendela konfirmasi agar CD/DVD recovery tersebut siap digunakan saat proses pemulihan.
Cara backup data dan restore windows 7 d


Cara Restore Sistem Windows 7

Masukkan CD/DVD recovery yang telah dibuat pada optical drive, restart komputer. Sebelumnya posisikan boot agar dimulai dari CD/DVDROM yg bisa diatur dari BIOS. Nantinya akan terbuka jendela System Recovery Options, pilih Restore your computer using a system image that you created, klik Next. Jelajah ke posisi dimana file backup tadi dibuat. Secara otomatis sistem yang ada akan ditimpa dengan sistem operasi dari file backup yang telah kita lakukan sebelumnya. Tunggu hingga proses selesai dan sistem akan kembali kesedia kala.
Cara backup data dan restore windows 7 e
Itu saja yang dapat saya bagai di tutorial cara backup data dan restore windows 7. Semoga tutorial ini dapat menyelesaikan masalah yang kamu alami dengan mengikuti cara cara diatas.

24 Responses to "Cara Backup Data dan Restore Windows 7 "

  1. terima kasih info ya bro...!!!

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya juragan...sangat bermanfaat..soalnya windows saya lg rusak nih

    BalasHapus
  3. makasih infonya gan.....
    tpi pas ujian ditanya dini masih bingung nihhhh....hadehhhh

    BalasHapus
  4. gan kalo masalah komputer restart mulu , trus kalo saya backup data windows 7 nya abis itu install ulang windowsnya bisa ngatasin tuh masalah restart mulu ngga gan? #balessecepatnyagan! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah komputer restart terus harus di cari apa yang bermasalah hardware kah atau software? Klu masalahnya disoftware biasanya kalu diinstall ulang bisa mengatasi masalah restart tersebut tetapi kalu masalahnya dihardware ga bakalan ngaruh, bisanya klu dari hardware coba cek power supplynya dan bersihkan ramnya

      Hapus
  5. Thanks so much,kebetulan saya pas lahi perlu backup parogram, gara2 ada teman dr makasar habis install windows dan applikasi2 yg lain kok trus fi back up, tapi pakai acronis kelihatanya banyak langkah saya diam2 perhatikan dan amati tapi tdk bisa mengikuti karena cepat dan banyak langkah ,saya yakin memang itu untuk backup yg professional. Saya tak paksi dari windows ini saj. matur nuwun

    BalasHapus
  6. laptop saya lemot sekali gan,cara ini bisa dipakai tidak?

    BalasHapus
  7. Bang di laptop bisa gak?tolong di jawab ya bang makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan mau di laptop atau di PC pun bisa

      Hapus
  8. file di windows sblmnya anak kenak timpa gan.. brrti kapasistasnya untk penympanannya bertambh doang gan ???

    BalasHapus
  9. Gan, klo saya backupnya taro di D: cara restorenya gimana?

    BalasHapus
  10. gan kalo backup diluar hardisk bisa gak?? misal hardisk eks atau online??

    BalasHapus
  11. gan, klo backup nya di hdd external bisa? terus kalo hdd external nya dibuat tempat backup, apa aman dibuat untuk nyimpen data lain selain backup? trimakasih

    BalasHapus
  12. permisi mau nanya mas, sblm reinstall win 7 di c, saya pindahin data semua ke d. setelah reinstall, kok data di folder d hilang semua? saya cek di disk management tapi masih ada? (kapasitas 100gb, free 63%. berarti data saya kan masih ada. gmn cara nampilin/balikinnya ya mas? thx before.

    BalasHapus
  13. Mas kalo misalkan kita backup data2 c w7, bisa ga di recover di w10?

    BalasHapus
  14. Copy image gagal terus apa penyebanya dan cara atasi. Sudah chkdsk tdk ada bad sector.trims.

    BalasHapus
  15. mau tanya klo udah back up terus instal windows baru misal dari win 7 ke win 10 terus pengen balik lagi ke win 7 tinggal estore atau gmn ya,, terus drivernya sama aplikasi apa harus instal ulang setelah di restore

    BalasHapus
  16. Maaf saya mau tnya . Kn jaringan saya udh connect ma wifi dan jga bisa buat internetan tp kok tndanya masih silang .. gmana cra memperbaikinya selain di install ulang ?

    BalasHapus
  17. Mau tanya juga, kalo dipilihan toolsnya tidak ada pilihan back up (cara back up data no. 1) itu kenapa ya? Ada cara lain tidak untuk back up selain dgn cara diatas?

    BalasHapus
  18. permisi om, kalo backup an di recovery di pc lain bisa ga,?
    jika bisa bagaimana caranya,?
    terimakasih om d tunggu jawabannya

    BalasHapus
  19. gan kalo laptop saya susah buka microsoftnya kalao di backup bisa bagus lagi gk

    BalasHapus