Penjelasan Vga Komputer Lengkap !!!!!


Vga komputer kepanjangan dari Video Graphics Accelerator adalah sebuah hardware dengan kemampuan dapat melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual untuk ditampilkan di monitor. Jadi tugas device ini untuk menampilkan gambar / visual ke monitor. Jika anda mau membuat komputer rakitan untuk games, desainer atau multimedia hardware satu ini wajib anda miliki, karena hardware ini sangat mendukung pada tampilan monitor.

Fungsi Vga Komputer

Fungsi vga komputer adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untuk menampilkan grafis. Berdasrkan fungsinya maka dapat diketahui bahwa alat ini menciptakan output ke monitor oleh karenanya wajib hukumnya bagi anda menggunakan hardware ini untuk bermain game, menggambar atau mendesain.

Jenis Vga Komputer

Di lihat dari bentuknya vga komputer terbagi menjadi 2 jenis yaitu on board dan add-onn. Vga on board bisa di jumpai atau temukan di dalam rangkaian motherboard itu sendiri karena sudah satu paket. Performen dari jenis on board sendiri sebetulnya cukup baik jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi seperti game 3D. 

Vga add-on adalah hardware terpisah yang dipasangkan pada slot kartu grafis di motherboard atau biasa disebut Vga Card. Jenis ini sangat cocok untuk memproses grafis tingkat tinggi seperti bermain game 3D, menggambar edit film dan membuat desain grafis. Namun anda harus memperhatikan kemampuan atau perfomen dari kartu grafis add-on jika anda berniat menggunakannya. Sebagai bahan untuk mengetahui kemampuan dari Video Graphics Accelerator baca artikel tentang komputer rakitan dan anda juga wajib memperhatikan power supply nya. 

Jenis Vga Komputer Berdasarkan Memory Yang Digunakan

jenis ini terbagi menjadi 5 jenis yaitu:
1. DRAM (DYNAMIC RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan memori DRAM (Dynamic RAM) memiliki kecepatan 80ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki DRAM (Dynamic RAM) berlapis. DRAM (Dynamic RAM) banyak digunakan oleh VGA card 8, 16 atau 32-bit. Penggunaan DRAM (Dynamic RAM) ditujukan untuk komputer entry level tidak terlalu memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis.
2. EDO RAM
Kartu grafis dengan menggunakan memori EDO RAM memiliki kecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada VGA card 64-bit.
3. VRAM (VIDEO RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan VRAM (Video RAM) memiliki kecepatan 20 atau 10 ns, VRAM (Video RAM) lebih mahal dibandingkan DRAM karena kecepatannya untuk melakukan rendering. Penggunakan VRAM (Video RAM) biasanya digunakan untuk komputer high level atau untuk desain grafis.
4. SGRAM (SYNCHRONOUS GRAPHIC RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan SGRAM (Synchronous Graphic RAM) memiliki kecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) banyak digunakan untuk Video Graphics Accelerator card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator.
5. RAMBUS
Kartu grafis dengan menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit, biasanya Video Graphics Accelerator card berjenis RAMBUS digunakan oleh konsol-konsol game seperti Nitendo atau Sega.

Jenis Slot Vga Komputer

Untuk pemasangan VGA Komputer, ada beberapa jenis bentuk slot yang ada di dalam motherboard, berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang Kartu grafis :
  1. Kartu grafis ISA adalah jenis kartu Video Graphics Accelerator yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  2. Kartu grafis EISA adalah jenis kartu Video Graphics Accelerator yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.
  3. Kartu grafs PCI adalah jenis kartu Video Graphics Accelerator yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O.
  4. Kartu grafis AGP adalah jenis kartu Video Graphics Accelerator yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O.
  5. Kartu grafis PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu Video Graphics Accelerator yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.

Cara Mengetahui Spek VGA Komputer

Ada 2 cara yang mudah untuk mengetahui spek dari vga komputer yaitu:
1. Menggunakan software CPU-Z
Dengan menggunakan CPU-Z ini semua spesifikasi vga dapat mudah kita dapatkan. Mau coba silahkan download terlebih dahulu CPU-Znya. Untuk linknya cari aja di mbah google. Dibawah ini tampilan CPU-Z 

cek Vga Komputer


2. Menggunakan DiretX
Caranya sebagai berikut
  1. Buka Run dengan cara pencet tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketik dxdiag kemudian klik OK atau Enter.
  3. Klik tab Display maka akan tampak informasi dari Video Graphics Accelerator Anda.

Itu saja yang dapat saya curahkan kepada teman-teman tentang Vga komputer. Semoga bermanfaat.

4 Responses to "Penjelasan Vga Komputer Lengkap !!!!!"

  1. Bang mau tanya,klo ukuran kartu VGA nya lebih gede 4 gb.dan cpu nya 1,86 Ghz,gimana????

    BalasHapus
  2. klu menurut ane sih gpp asal vga nya support sama motherboardnya..kalu untuk cpunya pengaruh pada kecepatan proses datanya aja

    BalasHapus
  3. Kalo motherboard yang bukan on board, vganya gak dipasang tapi kabel monitornya dicolokin ke motherboard bisa nyala ga om?

    Seengaknya bisa masuk bios ga?

    BalasHapus